Halaman

Rabu, 05 Oktober 2011

PERUSAHAAN DAN LINGKUNGAN PERUSAHAAN


PERUSAHAAN DAN LINGKUNGAN PERUSAHAAN

1.      Pengertian perusahaan
Perusahaan adalah sebagai suatu unit organisasi yang menggunakan berbagai faktor-faktor produksi dan menghasilkan barang dan jasa untuk dijual kepada rumah tangga, perusahaan lain atau pemerintah dengan berorientasi pada keuntungan (Profit Oriented)
2.      Tempat kedudukan dan letak perusahaan
Tempat dan letak perusahaan merupakan salah satu faktor pendukung penting yang dapat menjamin tercapainya tujuan perusahaan. Ketepatan pemilihan letak dan tempat perusahaan akan memberikan bantuan yang sangat berharga, baik dalam kaitannya dengan efisiensi biaya produksi.
·         Tempat Kedudukan perusahaan
Tempat kedudukan perusahaan adalah kantor pusat perusahaan tersebut. Tempat kedudukan perusahaan pada umumnya dipengaruhi faktor kelancaran hubungan dengan lembaga-lembaga lain, seperti lembaga pemerintah, lembaga keuangan, pelanggan, dan sebagainya.
·         Letak perusahaan
Letak perusahaan adalah tempat perusahaan melakukan kegiatan fisik/pabrik. Letak perusahaan dipengaruhi faktor ekonomi dan merupakan salah satu faktor penting yang menunjang efisiensi perusahaan terutama dalam kegiatan biyayanya.
·         Jenis letak perusahaan
Jenis letak perusahaan dapat dibedakan menjadi 4, yaitu:
1. Terikat pada Alam
Umumnya karena kesediaan dan kemudahan bahan baku. Perusahaan yang berkaitan dengan bahan-bahan tambang pada umunya terletak di daerah faktor produksi alamnya.
2. Terikat pada Sejarah
Dalam hal ini perusahaan menjalankan aktivitas siduatu daerah tertentu karena alasan yang hanya dapat dijelaskan berdasarkan sejarah


3. Terikat pada pemerintah
Dalam hal ini letak perusahaan ditentukan Pemerintah atas dasar pertimbangan keamanan, politik, kesehatan, dan sebagainya.
4. Dipengaruhi faktor-faktor ekonomi
Faktor-faktor yang berpengaruh penting dalam kaitannya dengan pemilihan letak perusahaan yang bersifat industri adalah kedekatan dan ketersediaan bahan mentah, kesediaan tenaga air, kesediaan tenaga kerja, kesediaan modal, kemudahan transportasi, serta kedekatan pasar, dan kesesuaian iklim.

3.      Perusahaan dan lembaga sosial
Dalam pendekatan ekonomi, pemisalan terpentingdalam menganalisis kegiatan perusahaan adalah perusahaan akan melakukan kegiatan produksinya hingga mencapai tingkat keuntungan maksimum
·         Tujuan dari pendirian perusahaan
Secara umum dunia usaha didirikan untuk memenuhi keinginan manusia akan barang dan jasa. Dalam pelaksanaan pencapaian tujuan ekonomis perusahaan, hampir selalu terjadi interaksi antara perusahaan dan lingkungannya. Interaksi tersebut menuntut perusahaan untuk mampu beradaptasi dengan lingkungan, terutama dengan lingkungan eksternal yang ada pada umumnya tidak dikuasai langsung oleh perusahaan.
·         Perusahaan sebagai suatu sistem
Perusahhan merupakan suatu sistem karena dalam mencapai tujuannya perusahaan tersebut melibatkan unsur-unsur yang ada diperusahaan itu sendiri, maupun unsur-unsur diluar usaha.
·         Sistem perusahaan
Cara atau strategi yang digunakan perusahaan untuk mencapai tujuan perusahaan tersebut.
·         Fungsi-fungsi perusahaan
Fungsi pembelian, dan produksi, pemasaran, personalia, dan keuangan merupakan fungsi operasi utama perusahaan, fungsi-fungsi operasi lainnya merupakan fungsi operasi penunjang, termasuk dalam fungsi management adalah:
            1. Perencanaan
            2. Pengorganisasian
            3. Pengarahan
            4. Pengendalian
·         Ciri-ciri perusahaan
Ciri-ciri perusahaan mencerminkan keikhlasan yang membuat perusahaan bersangkutan mudah dikenal, pada umumnya ciri-ciri perusahaan berkenaan dengan variabel-variabel berikut:
1. Operatif
2. Koordinatif
3. Reguler
4. Dinamis
5. Formal
6. Lokasi
7. Pelayanan bersyarat

4.      Berbagai macam lingkungan perusahaan dan pengaruhnya terhadap perusahaan
Lingkungan sangat berpengaruh terhadap perusahaan, lingkungan yang baik dan kondusif akan menciptakan kenyamanan bagi karyawan yang bekerja, maupun seluruh anggota yang tergabung dalam perusahaan tersebut, maka jika hal itu terjadi perusahaan tersebut akan cepat berkembang, jika sebaliknya maka hal tersebut akan memperhambat jalannya perusahaan tersebut.

5.      Pendekatan dalam melihat bisnis dan lingkungan
Bisnis dan lingkungan mempunyai hubungan yang sangat erat karena bisnis akan didirikan dalam satu lingkundan oleh sebab itu sebelum kita mendirikan usaha/bisnis kita harus terlebihdahulu melihat lingkugan sekitar yang akan kita dirikan usaha tersebut, agar semua dapat berjalan lancar.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar